Powered By Blogger

Minggu, 26 Desember 2010

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH               : SMA Negeri 2 Blitar
MATA PELAJARAN            : Geografi
KELAS                                  : XI
SEMESTER                           : 1 (satu)
TAHUN PELAJARAN          : 2010/2011
ALOKASI WAKTU              : 2 x 45 menit

I.     STANDAR KOMPETENSI
Memahami Sumber Daya Alam
II.    KOMPETENSI DASAR
 Mendeskripsikan Sumber Daya Alam
III.   MATERI PEMBELAJARAN
 Sumber Daya Alam
1.      Pengertian sumber daya alam
2.      Jenis sumber daya alam
3.  Pengelolaan sumber daya alam
4.  Pemanfaatan sumber daya alam
5.  Prinsip ekofisiensi
6. Sumber daya alam pembangunan berkelanjutan
7. Sumber daya alam dan pembangunan berwawasan lingkungan
IV. INDIKATOR
1.    Merumuskan pengertian sumber daya alam
2.    Menganalisis potensi sumber daya alam
3.    Membuat opini tentang pembangunan berkelanjutan
4.    Menguraikan pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan prinsip ekofisiensi
5.    Merumuskan konsep pembangunan berwawasan lingkungan
V.   METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Pengamatan, Penugasan


VI.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode Pebelajaran
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan pembuka
·        Memberitahu materi yang akan di ajarkan
·        Menjelaskan perlunya materi di ajarkan 
·        Mendengarkan / menulis materi yang akan di ajarkan
·        Mendengarkan dan bertanya bila ada yang kurang jelas
Ceramah
Dan
Tanya jawab

10 menit
Kegiatan
inti
ü      Guru menjelaskan bahan-bahan materi
ü   Pengertian SDA
Dari berbagai referensi
ü   Jenis-jenis SDA
(Menurut sifat,menurut potensi,dll) dan peta persebarannya.
ü   Pengelolaan SDA
ü   Pemanfaatan SDA
ü      Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
ü      Mengelompokan siswa dalam 3-4 anak dalam 1 kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan dalam bentuk pertanyaan dan memberikan tugas individu (PR) pada siswa
ü      Pengumpulan hasil diskusi
ü      Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan dari guru
ü      Siswa bertanya bila ada yang kurang jelas
ü      Siswa berkelompok dan mendiskusikan pertanyaan yang di berikan dari guru dan mencatat tugas individu(PR)
ü      Siswa mengumpulkan hasil diskusi lalu kembali pada tempat semula

Ceramah,Diskus, pengamatan, dan Tanya jawab

70 Menit
Kegiatan penutup
ü      Guru mengingatkan PR yang harus dikerjakan dan menginformasikan kapan PR akan dkumpulkan
ü      Siswa mendengarkan dan bertanya bila kurang jelas dari PR tersebut
Ceramah
Dan
Tanya jawab

10 menit

Pertemuan kedua
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode Pebelajaran
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan pembuka
·        Memberitahu materi yang akan di ajarkan
·        Menjelaskan perlunya materi di ajarkan 
·        Mendengarkan / menulis materi yang akan di ajarkan
·        Mendengarkan dan bertanya bila ada yang kurang jelas
Ceramah
Dan
Tanya jawab

10 menit
Kegiatan
inti
ü      Guru menjelaskan bahan-bahan materi
ü   Pengertian SDA
Dari berbagai referensi
ü   Prinsip ekofisiensi
ü   Sumber daya alam pembangunan berkelanjutan
ü      Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
ü      Mengelompokan siswa dalam 3-4 anak dalam 1 kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan dalam bentuk pertanyaan dan memberikan tugas individu (PR) pada siswa
ü      Pengumpulan hasil diskusi
ü      Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan dari guru
ü      Siswa bertanya bila ada yang kurang jelas
ü      Siswa berkelompok dan mendiskusikan pertanyaan yang di berikan dari guru dan mencatat tugas individu(PR)
ü      Siswa mengumpulkan hasil diskusi lalu kembali pada tempat semula

Ceramah,Diskusi
Dan
Tanya jawab

70 Menit
Kegiatan penutup
ü      Guru mengingatkan PR yang harus dikerjakan dan menginformasikan kapan PR akan dkumpulkan
ü      Siswa mendengarkan dan bertanya bila kurang jelas dari PR tersebut
Ceramah
Dan
Tanya jawab

10 menit



Pertemuan ketiga
Fase Pembelajaran
Kegiatan
Metode Pebelajaran
Sumber
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan pembuka
·        Memberitahu materi yang akan di ajarkan
·        Menjelaskan perlunya materi di ajarkan 
·        Mendengarkan / menulis materi yang akan di ajarkan
·        Mendengarkan dan bertanya bila ada yang kurang jelas
Ceramah
Dan
Tanya jawab

10 menit
Kegiatan
inti
ü      Guru menjelaskan bahan-bahan materi
ü      Sumber daya alam dan pembangunan berwawasan lingkungan
ü      Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
ü      Mengelompokan siswa dalam 3-4 anak dalam 1 kelompok untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan dalam bentuk pertanyaan dan memberikan tugas individu (PR) pada siswa
ü      Pengumpulan hasil diskusi
ü      Siswa memperhatikan dan mencatat penjelasan dari guru
ü      Siswa bertanya bila ada yang kurang jelas
ü      Siswa berkelompok dan mendiskusikan pertanyaan yang di berikan dari guru dan mencatat tugas individu(PR)
ü      Siswa mengumpulkan hasil diskusi lalu kembali pada tempat semula

Ceramah,Diskusi
Dan
Tanya jawab

70 Menit
Kegiatan penutup
ü      Guru mengingatkan PR yang harus dikerjakan dan menginformasikan kapan PR akan dkumpulkan
ü      Siswa mendengarkan dan bertanya bila kurang jelas dari PR tersebut
Ceramah
Dan
Tanya jawab

10 menit




VII.  SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
-                 Alat                     :      LCD, laptop, CD Pembelajaran tentang Sumber Daya Alam, dan Peta persebaran sumber daya alam
-                     Sumber Belajar    : - Katili, J.A (1983), sumber daya alam untuk pembanguan  nasional, Jakarta : Ghalia Indonesia
-   Drs. K. Wardiyatmoko (2004), Geografi SMA, Jakarta, Erlangga
-   Soemarwoto, Otto (1982) Ekologi Lingkungan Hidup dan Pembangunan berwawasan lingkungan
-   Bambang N.M. M.Ed (2004) Geografi SMA 1B. Surakarta, Tiga Serangkai
-       F. Dasman Raymond (1997), Prinsip Ekologi untuk Pembangunan Ekonomi, Yayasan Obor dan Lembaga Ekonomi Universitas Pajajaran Bandung
-       Zen MT (1981), Menuju Kelestarian Lingkungan Hidup Yayasan Obor Indonesia, Institut Teknologi Bandung
-   Bahan yang relevan
-                      
VIII.  PENILAIAN
1. Rumuskanlah pengertian sumber daya alam dan faktor penentunya!
2.  Sebutkan jenis-jenis sumber daya alam menurut bagian yang dimanfaatkan!
3.  Bagaimana keberadaan persebaran sumber daya alam di Indonesia?
4.  Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan sumber daya alam!
5.  Jelaskan cara pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan dan upaya yang dilakukan dalam rangka pembangunan berkelanjutan!
NB. Masing-masing soal bernilai 20, total benar 100